Widget HTML #1

Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

Cara cek Windows Original

AlbinusTejoS.com - Sebagian besar sobat pembaca blog ini tentu pakai komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows kan? Yup... kenapa saya bisa tahu? Karena saya adalah seorang peramal yang ahli... 😂

Nggak dong... Saya tahu karena memang sistem operasi ini masih merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Sobat tahu nggak kalau tidak sedikit pengguna windows yang ternyata menggunakan windows bajakan, dan sebagian besar juga nggak tahu windows mereka ternyata bajakan.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara cek Windows yang terinstall di laptop kamu termasuk windows original atau windows bajakan. 

Kenapa harus menggunakan Windows Original?

Tahukah sobats bahwa menggunakan Windows yang tidak original atau Windows bajakan dapat merusak hardware komputer atau laptop sobat?

Windows bajakan adalah pilihan yang membahayakan! Kenapa?
  1. Windows bajakan cenderung ditanami program hacking yang bisa saja mencuri data penting sobat saat komputer atau laptop sobat sedang online.

  2. Menggunakan Windows bajakan bisa terkena tuntutan pidana.

  3. Yang paling parah dan berefek secara langsung adalah kerusakan hardware komputer atau laptop sobat!


Bagi saya, poin nomor 3 adalah yang paling nyata bisa dirasakan semua orang dari antara poin lainnya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Windows asli, saya pernah menggunakan Windows bajakan juga di 3 laptop saya sebelum yang sekarang.

"Kalau bisa dapat yang gratis, ngapain bayar?" Itu yang saya yakini sebelumnya.

Tapi benar saja, di kali ke-3 baru saya benar-benar menyadari bahwa Windows bajakan sungguh merusak hardware komputer saya. Bahkan bukan hanya milik saya! Laptop teman dan kenalan saya yang menggunakan Windows bajakan juga mengalami kerusakan hardware setelah beberapa waktu terutama setelah muncul peringatan "This Copy of Windows is Not Genuine" atau sejenisnya.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengajak rekan, kenalan, dan sobat semua untuk beralih menggunakan Windows Original!

Selain menghargai karya si pembuat, juga demi keamanan dan kebaikan kita sendiri.

Cara Cek Windows Asli atau Bajakan

Jika sobat cari di google, mungkin akan banyak cara untuk mengecek keaslian windows 10 atau windows berapapun yang sobat gunakan, mulai dari yang manual offline, online, hingga menggunakan aplikasi tertentu.

Tapi cara di bawah ini adalah yang jadi favorit saya dan saya rekomendasikan untuk sobat semua.

Sobat bisa ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah:

1. Tekan tombol Windows + R untuk memunculkan dialog RUN. (di laptop, tombol windows di keyboard biasanya sebelah kiri di antara tombol fn dan Alt).
Cara Cek Windows


2. Setelah muncul dialog RUN di atas, ketikkan CMD, lalu tekan tombol Enter. Akan muncul dialog Command Prompt berikut:
Cara Cek Windows


3. Lalu ketikkan SLMGR/XPR, seperti gambar di bawah:
Cara Cek Windows


4. Setelah itu tekan tombol Enter, dan lihat apa yang ditampilkan komputer atau laptop sobat. Jika tampil seperti berikut...
Cara Cek Windows


Kita perjelas....
tampilan jika lisensi windows original


Nah, Jika Pesan yang muncul adalah The machine is permanently activated. Selamat...! Windows Sobat adalah Windows Original!

Tapi jika yang muncul adalah selain pesan di atas, misalnya seperti di bawah ini:
Cara Cek Windows


Maaf Sobat...! Windows sobat adalah Windows Bajakan.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika Windows kita ternyata bajakan?

Beli Windows Original

Yup, jika Windows sobATS ternyata bajakan, sobATS bisa membeli Lisensi Windows Original.

Sobat bisa menghubungi toko dimana sobat membeli laptop tersebut, dan menanyakan atau meminta diinstallkan windows original.

Namun jika toko tersebut tidak menyediakannya, sobat bisa dapatkan harga Windows Original yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp299.000 untuk Digital Lisensi Windows Original di Digital Oristore.

Nah, itulah Cara Mengecek Keaslian Windows 10 dan Windows yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan"